Minggu, 06 April 2014

Beberapa Teknik Dalam Stand Up Comedy

Saat ini, stand up comedy di indonesia menjadi semacam media katarsis yang akrab dan dekat dengan kehidupan masyarakat sehari-hari. Dan pada akhirnya banyak yang tertarik dengan Stand Up Comedy. Maraknya Stand Up komedi menjadi angin segar bagi beberapa kalangan terutama anak muda. Hal ini seolah menjadi lahan baru bagi mereka untuk memanfaatkan peluang ini sehingga banyak yang mencoba untuk belajar Cara Stand up Comedy.


Bagi anda yang sedang belajar Stand Up Comedy, Berikut ini beberapa contoh teknik dan istilah-istilah stand up comedy yang bisa bantu kalian menambah warna dalam setlist materi kalian.

Belajar Stand Up Comedy

Stand Up Comedy

One Liner

Bit (bagian kecil materi dari stand up comedy) singkat yang hanya terdiri dari satu sampai tiga kalimat. One liner merupakan teknik paling simpel di dalam stand up comedy, tetapi selain simpel ini juga memerlukan pemikiran yang lebih keras daripada teknik lainnya. Comic harus dapat memanfaatkan set up yang singkat untuk dengan segera mengarahkan penonton ke suatu pengharapan.

Contoh one liner yang digunakan oleh Babe:
  •    Set up: Selamat malam, gimana penampilan aku malam ini?
  •     Punch line: Udah kayak Bunda Dorce belom?

Call Back

Nah kalo call back itu adalah teknik yang menggunakan punch line pada bit-bit sebelumnya sebagai punch line pada bit sekarang. Sehingga contoh susunan penampilan stand up berbentuk seperti berikut:

Set up 1 – punch line 1, set up 2 – punch line 2, set up 3 – punch line

1. Contoh call back yang digunakan oleh Ernest Prakasa:

Bit 1: Sekarang era digital, dan menurut gue bohong lewat BBM atau SMS itu lebih gampang daripada bohong face to face. Salah satu kebohongan paling sering dilakukan orang bahkan cuma 3 huruf: “OTW”. Temen lo udah BBM lo dengan panik: “PING!!! Bro, dimana lo, gue udah sampe nih!”, trus lo bales: “OTW bro!”. Padahal baru bangun tidur, masi kriyep-kriyep sambil garuk-garuk biji.

Bit 2: Kalo Tuhan punya twitter, ada yang minta folbek ga ya? Kalo iya, mungkin Tuhan akan jawab: “OK, tapi kita kopdar dulu ya”. Trus Tuhan twit ke @Malaikat_Pencabut_Nyawa: “Bro tolong dijemput bro”. Trus malaikatnya bales: “OTW bro!”.


Rule Of Three

Sedangkan rule of three adalah teknik penggunaan tiga kalimat, dua kalimat awal digunakan sebagai set up, satu kalimat terakhir digunakan sebagai punch line.Contoh rule of three yang digunakan oleh Ryan Adriandhy:

Set up 1: Ngajarin Raditya Dika ngelawak itu kayak ngajarin Melly bikin lagu.
Set up 2: Ngajarin Deddy cara main sulap.
Punch line: Atau ngajarin Syahrini cara bedakan.


Act Out

Menggunakan gerakan sebagai pengganti kalimat. Biasanya act out memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi jika digunakan sebagai punch line.Contoh act out yang dilakukan oleh Mongol:

Set up: Ada cowok keren cuy, pake handphone touch screen.
Punch line: Tapi pake ludah. *sambil memainkan screen hp dengan jari yang telah dibasahi ludah, seperti ketika menghitung uang.


Impersonation

Impersonation adalah teknik peniruan tokoh, biasanya yang sudah terkenal. Peniruan bisa gaya bicara, gerak tubuh, dan kata-kata khasnya.

Contoh impersonation yang dilakukan oleh Mudi Taylor:
Impersonation Rhoma Irama

Set up: Selamat malam, alhamdulillah, senang sekali, saya berada di sini. Rika masih ingatkah kau kepadaku?
Punch line: Aku Rhoma, Tolol.


Comparisons

Penyampaian joke dengan melakukan pembandingan dua hal atau lebih.Contoh comparisons yang dilakukan oleh Boris Bokir:

Set up 1: Ngeliat orang Batak dari cara manggil anaknya, kalo manggilnya “Nduk dalem nduk.”, bukan orang Batak itu.

Set up 2: Ada lagi yang lain, yang modelnya sama kenceng, “Tooong!”, “Iye, Nyak.”, “Balik, Tong!”, “Ntar, Nyak!.”, “Sek to.”

Punch line: Kalo orang Batak itu manggil anak singkat, padat, jelas, simpel “Boris masuk! Grrrr!”


Riffing

Teknik riffing adalah teknik yang mengajak penonton ikut menjadi bagian dari joke, biasanya menjadi bagian joke.Contoh riffing yang dilakukan oleh Pandji Pragiwaksono:

(Pandji melihat penonton menggunakan jersey Rooney.)
Set up: Di belakangnya namanya Rooney.
Punch line: Tapi kok di depan mukanya Runyam?



Gimmick


Teknik gimmick menggunakan hal lain di luar stand up comedy sebagai alat bantu penyampaian punch line.Contoh gimmick yang dilakukan oleh Regga Igarta:

Set up: Sekarang hiburan udah ga berkualitas yang akhirnya hiburan sederhana menjadi istimewa.
Punch line: Contohnya *gerak menirukan Gangnam Style.


 Heckler Handling

Teknik hackler handling adalah teknik pengubahan heckler (gangguan) menjadi suatu joke yang bertujuan untuk mengundang tawa dan menyuruh diam pengganggu.
Contoh heckler handling yang dilakukan oleh Bryson Turner (dan ini menurut gw yang terbaik yang pernah gw lihat):

Set up: The first time I had sex

Heckler: Yesterday.

(Penonton menjadi riuh dan comic menjadi terganggu dalam penyampaian joke. Tetapi Bryson Turner dapat melakukan comeback dengan melakukan heckler handling.)

Heckler Handling: Glad you remember.




Demikian Beberapa Tehnik dalam Stand Up Comedy semoga bisa membantu anda yang sedang belajar Stand Up Comedy.

Beberapa Teknik Dalam Stand Up Comedy Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Usnul Queenbee

0 komentar:

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.