Rabu, 15 Juli 2015

Bacaan Doa Untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal

Inilah Bacaan Doa Untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal. Seorang anak hendaknya senantiasa mendoakan kedua orang tua nya terutama diwaktu-waktu yang mustajab dikabulkannya doa.

Sesuai dengan sebuah hadist bahwa tiga amalan yang tidak akan putus yaitu, ilmu yang bermanfaat, anak sholeh yang selalu mendoakan ortunya dan sedekah jariyah adalah di antara amalan yang bermanfaat bagi mayit walaupun ia sudah di alam kubur. Simak sajian singkat berikut.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

إِذَا مَاتَ الْإِنْسَانُ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلَّا مِنْ ثَلَاثَةٍ مِنْ صَدَقَةٍ جَارِيَةٍ وَعِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ وَوَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُو لَهُ

Jika seseorang meninggal dunia, maka terputuslah amalannya kecuali tiga perkara (yaitu): sedekah jariyah, ilmu yang dimanfaatkan, atau do’a anak yang sholeh” (HR. Muslim no. 1631)

Untuk itu sebagai anak yang sholeh/sholehah ada baiknya kita mendoakan orang tua. Lalu bagaimana doa untuk orang tua yang sudah meninggal? berikut beberapa doanya:

Doa untuk Orang Tua yang Sudah meninggal

Doa untuk Orang Tua yang Sudah meninggal


Ada doa umum yang untuk mendoakan orang tua kita yakni yang diambil dari Al-Quran. Doa dari Alquran untuk Orang Tua yang Meninggal:


رَبِّ اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ

Artinya: Wahai Rabbku ampunilah aku dan kedua orang tuaku, (surat Nuh ayat 28)


رَبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيْراً

Artinya: Wahai Rabbku rahmatilah kedua orang tuaku sebagaimana mereka mendidikku sewaktu kecil (surat al-Isra’ ayat 24)


رَبَّنَا اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِيْنَ يَوْمَ يَقُوْمُ الحِسَابَ

Artinya: Wahai Rabb kami ampunilah aku dan kedua orang tuaku serta kaum muslimin pada hari penghitungan. (surat Ibrahim ayat 41)

Ada banyak lafadz doa yang bisa dibacakan, di antaranya lafadz yang sering adalah:

اللهم اغفرله وارحمه وعافه واعف عنه وأكرم نُزُله. ووسع مُدخله. واغسله بالماء والثلج والبرد ، ونقه من الخطايا كما ينقى الثوب الأبيض من الدنس ، وأبدله داراً خيراً من داره ، وأهلاً خيراً من أهله وزوجاً خيراً من زوجه وأدخله الجنة وأعذه من عذاب القبر ومن عذاب النار

Ya Allah, ampunilah dia, kasihilah dia, maafkanlah dia, muliakanlah tempatnya, luaskanlah tempat masuknya, mandikanlah dia dengan air, salju dan embun. Sucikanlah dia dari segala kesalahan sebagaimana pakaian disucikan dari najis. Gantikan untuknya rumah yang lebih baik dari rumahnya, gantikan untuknya keluarga yang lebih baik dari keluarganya, gantikan untuknya isteri (pasangan) yang lebih baik dari pasangannya. Masukkanlah ke dalam surga dan lindungilah dia dari azab kubur dan azab neraka.


Pada dasarnya, kita dianjurkan untuk mendoakan orang tua kita yang telah meninggal agar ia mendapatkan Rahmat dan Magfirah dari Alloh Subhanahuwata’ala.

Lihat Juga Doa sehari-hari

Demikian pembahasan tentang “Doa untuk orang tua yang sudah meninggal” ini. Semoga dapat memberikan manfaat. Wallohua’lam.

Bacaan Doa Untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Usnul Queenbee

0 komentar:

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.