Bacaan Doa Sesudah Sholat Hajat dan Tata Caranya

Bagaimana Baca'an Doa sesudah sholat Hajat? Apakah setelah kita membaca Dzikir setelah shalat? dan nagaimana tata cara sholat hajat? banyak yang mempertanyakan hal ini dan juga ingin mengetahui terjemahan atau arti dalam bacaan doa sesudah sholat hajat. Berikut ini kami coba membantu memberikan jabaran Tuntunan Sholat Hajat.

Cara Sholat Hajat

doa sholat hajat

Sholat hajat merupakan shalat yang dikerjakan karena mempunyai keinginan atau hajat agar diperkenankan hajatnya oleh Allah. Shalat hajat merupakan sholat sunnah yang dikerjakan dua raka’at, kemudian berdoa memohon sesuatu yang menjadi hajatnya. Shalat hajat ini banyak macam ragam cara mengerjakannya yakni bukan syarat rukunnya tidak hanya pada bacaan dan tertibnya berlainan cara mengerjakannya.

Pada pokoknya shalat hajat itu dilaksanakan dua raka’at sampai dengan 12 raka’at, dengan tiap tiap dua raka’at satu salam. Ayat ayat terserah kepada yang akan mengerjakannya dan di perbuat dua raka’at sehingga sampai 12 raka’at jumlahnya, dan seperti shalat-shalat yang lainnya.
Bacaan Niat Shalat Hajat

Lafazh niatnya ialah:

    “Ushallii sunnatal-haajati rak’ataini lillaahi ta’-aalaa.Allahu Akbar”

Doa shalat hajat


Apabila telah selesai shalat hajat, lalu duduklah kita dengan khusyuk, lalu membaca istigfhar. Dalam Kita Tajul Jamil lil ushul, di anjurkan :Selesai shalat hajat membaca istighfar 100 kali, yakni membaca:

    “Astaghfirullaahal-azhim”

Setelah membaca istighfar lalau membaca shalawat atas Nabi saw. 100 kali, yakni membaca

    “Allahumma Shalli ‘alaa sayyidinaa Muhammadin shalaatar-ridhaa wardha ‘an ashhaabihir-ridhar-ridhaa”

Bacaan Doa Sesudah Sholat Hajat

Dan berikut adalah lafadz doa sholat hajjat lengkap bahasa arab, tulisan latin dan artinya

لاَ إِلَهَ إِلاَّ اللهُ الْحَلِيْمُ الْكَرِيْمُ سُبْحَانَ اللهِ رَبُّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ الْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. اَسْأَلُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ وَعَزَائِمَ مَغْفِرَتِكَ وَالْغَنِيْمَةَ مِنْ كُلِّ بِرٍّ وَالسَّلاَمَةَ مِنْ كُلِّ إِثْمٍ لاَتَدَعْ لَنَا ذَنْبًا إِلاَّ غَفَرْتَهُ وَلاَ هَمًّا إِلاَّ فَرَّجْتَهُ وَلاَ حَاجَةً هِىَ لَكَ رِضَا إِلاَّ قَضَيْتَهَا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Laa ilaha illallohul haliimul kariimu subhaanallohi robbil ‘arsyil ‘azhiim. Alhamdu lillaahi robbil ‘aalamiin. As `aluka muujibaari rohmatika wa ‘azaaima maghfirotika wal ghoniimata ming kulli birri wassalaamata ming kulli itsmin Laa tada’ lii dzamban illa ghofartahu walaa hamman illaa farojtahu walaa haajatan hiya laka ridhon illa qodhoitahaa yaa arhamar roohimiin.

    Artinya :
    Tidak ada Tuhan melainkan Allah Yang Maha Lembut dan Maha Penyantun. Maha Suci Allah, Tuhan pemelihara Arsy yang Maha Agung. Segala puji bagi Allah Tuhan seru sekalian alam. Kepada-Mu-lah aku memohon sesuatu yang mewajibkan rahmat-Mu, dan sesuatu yang mendatangkan ampunan-Mu dan memperoleh keuntungan pada tiap-tiap dosa. Janganlah Engkau biarkan dosa daripada diriku, melainkan Engkau ampuni dan tidak ada sesuatu kepentingan, melainkan Engkau beri jalan keluar, dan tidak pula sesuatu hajat yang mendapat kerelaan-Mu, melainkan Engkau kabulkan. Wahai Tuhan Yang Paling Pengasih dan Penyayang.

Lihat Juga Daftar Nama Bayi Dalam Bahasa Sanskerta

Shalat hajat ini dilaksanakanlah semalam, atau tiga malam sampai tujuh malam, tergantung pada penting dan urgensinya serta sulit maksud kita ini, Insya Allah hajatkita ini terkabul. Demikian mengenai bacaan doa salat sunah hajjat lengkap bahasa arab, latin dan terjemahannya.  Juga tata cara sholat hajat. Semoga bisa bermanfaat untuk anda.

0 comments:

Random Post

Powered by Blogger.