Senin, 01 Februari 2016

Beberapa Bacaan Doa yang Mustajab

Bagaimana bacaan doa yang mustajab? Berdoa, merupakan salah satu cara kita untuk meraih sesuatu, setelah berikhtiar. Banyak orang menginginkan segala doa yang diucapkan agar didengarkan oleh Tuhan dan segera dikabulkan. Tetapi apakah semudah itu? Hampir semua agama memberikan ajaran untuk selalu bedo’a baik dalam susah maupun senang. Dengan doa kita akan selalu mengingat bahwa kita sebagai manusia sadar bahwa apapun yang kita dapatkan semata-mata karunia Allah dan harus disyukuri. Begiut juga sebaliknya jika kita ditimpa musibah, doa mengingatkan kita bahwa kita harus meminta pertolongan ke pada sang Maha segala-galanya dan kita sadar betapa lemahnya kiat sebagai hamba jika tanpa pertolongan-Nya.

Beberapa orang banyak yang menganggap doa disebut sebagai pesugihan yang halal, tetapi istilah ini tidak tepat. yang lebih tepat adalah memhono kepada Allah agar diberikan hidup yang lebih baik. lalu bagaimana agar doa kita diterima dan doa manjur itu seperti apa? Doa paling mujarab adalah doa yang benar-benar jujur, tulus, dan ikhlas. Berserah dan merasa diri ini lemah. Ada pula yang melakukan doa di waktu-waktu mustajabnya doa.

Banyak orang yang merasa setelah sekian lama berdoa dan berharap namun harapan tak kunjung datang, kadang muncul pertanyaan, mengapa Allah belum mengabulkan doaku? Apa salahku? Kurang apalagi? Puasa sudah, berdo’a sudah, beramal sudah, tapi masih belum dikabulkan, kenapa?


Agar Doa Dikabulkan


Ada 3 beberapa hal yang harus dlakukan supaya do’a dapat cepat dikabulkan, diantaranya :


1. Rasa Syukur

Bila kita bersyukur, maka niscaya Allah akan menambahi anugerah-Nya kepada kita tanpa kita minta sekalipun. Allah berfirman ; “Jika kamu menghitung-menghitung nikmat Allah, niscaya kamu tidak akan dapat menentukan jumlahnya (menghitungnya). Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Pengampun Lagi Maha Penyayang.” QS. An Nahl : 18.


2. Rasa Malu

Sudah sepatutnya kita malu kepada Sang Pencipta. Mungkin kita tidak diberi harta yang melimpah, tetapi mari kita lihat sekeliling. Kita masih diberi akal, tangan, kaki dan yang lebih penting kita masih hidup, tapi nikmat-nikmat itu seakan tidak berarti apa-apa ketika kita sedang dilanda masalah. 


3. Perbanyak Istighfar

Berbanyak-banyaklah memohonlah ampun kepada Allah atas dosa-dosa yang kita perbuat baik disengaja maupun tidak.

Dengan 3 hal dasar ini insyaAllah doa kita cepat dikabulkan. Lalu bagaimana doa yang Mustajab? Untuk berdoa perlu adanya waktu-waktu yang disunnahkan berdoa atau waktu-waktu yang mustajab untuk berdoa. Berikut beberapa waktu-waktu mustajab untuk berdoa:

1. Di Sepertiga Malam
2. Setelah Sholat
3. Ketika Hujan Turun
4. Diantara Dua Khutbah Jumat
5. Setelah Adzan sebelum Iqomat
6. Di Sujud Terakhir Saat Sholat
7. Waktu Dhuha
8. Malam Lailatul Qodar

Bacaan Doa yang Mustajab


Bacaan Doa yang Mustajab


Sebaik-baik doa adalah ketika engkau mengucapkannya dengan ikhlas, sesuai dengan landasan 3 hal di atas. Untuk bacaan doa, jika tidak mengetahui arti dari bacaan doa arab, ada baiknya menggunakan bahasa yang dikuasai. Allah Maha Mengetahui. Namun ada baiknya doa menggunakan doa bahasa Arab yang disusun dan disepakai oleh beberapa ulama yang diambil dari Alquran.

Ada banyak doa yang bisa anda baca, diantaranya:


Tata cara Berdoa :

1. Menghadap Kiblat. Itulah kenapa disunnahkan membaca doa setelah sholat. Karena posisi masih menghadap kiblat.
2. Membaca Kalimat Hamdalah, kemudian Istighfar, memuji keagungan Allah dan mengucapkan Shalawat Kepada Nabi
3. Berdoa harus diucapkan, tetapi dengan suara lembut dan rasa berserah diri
4. Yakin akan terkabul
5. Doa ditutup sholawat nabi dan dengan Puji-pujian kepada Allah

Lihat Juga Doa OrangTua yang Sudah Meninggal

Demikian mengenai cara agar doa dikabulkan dan mustajab, semoga apa yang kita bahas kali ini memebrikan manfaat untuk kualitas doa kita semua. Salam.


Beberapa Bacaan Doa yang Mustajab Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Usnul Queenbee

0 komentar:

Poskan Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.