Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan (Jamsostek)

Kumpulan Cara - Bagaimana cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan ? Jika dulu kita mengenal Jamsostek dan Jamkesmas, kini kedua badan tersebut sekarang menjadi satu naungan yaitu BPJS(badan Penyelenggara Jaminan Sosial) yang dibedakan menjadi BPJS Kesehatan dan BPJS ketenagakerjaan. Sebagai seorang pekerja bagi suatu perusahaan tentunya kita perlu memiliki hak dalam program jaminan sosial ketenagakerjaan. Dibuatnya jaminan sosial ketenagakerjaan oleh pemerintah ini dinamai BPJS Ketenagakerjaan yang dulunya namanya Jamsostek.

BPJS Ketenagakerjaan adalah sebuah sistem atau program yang memberikan perlindungan bagi tenaga kerja untuk mengatasi resiko sosial ekonomi tertentu dan penyelenggaraannya menggunakan sistem asuransi sosial. Oleh sebab itu setiap perusahaan diwajibkan mendaftarkan karyawannya pada BPJS ketenagakerjaan. Selain demi menjamin keselamatan selama bekerja dan juga tanggungan terkait kesehatan, BPJS juga berguna untuk jaminan hari tua (JHT).

Saldo BPJS, dalam hal pembayaran BPJS Ketenagakerjaan ini cukup mudah dan efektif, karena setiap bulannya pendapatan pekerja nantinya akan dipotong secara langsung sesuai dengan ketentuan yang berlaku yang biasanya sekitar 2% dan sisanya 3,7% akan dibayarkan oleh perusahaan. Uang iuran tersebut nantinya akan dikumpulkan oleh BPJS dan akan menjadi tabungan kita di hari tua nanti atau biasanya disebut jaminan hari tua (JHT).

Apakah kita sebagai pekerja bisa mengecek saldo BPJS atau uang untuk jaminan hari tua kita? sesuai dengan aplikasi yang sudah dibuat oleh pihak terkait, Saldo BPJS bisa dilihat baik seacra manual maupun secara online. Banyaknya cara melihat saldo BPJS diharapkan agar setiap anggota BPJS dapat mengetahui jumlah saldo yang diperolehnya saat ini agar dapat dijadikan patokan sebagai bekal hari tua setelah pensiun atau purna. Nah, ada beberapa cara mengecek Saldonya, kita akan coba memberikan cara-caranya masing-masing yang bsia anda pilih sesuai dengan yang bisa anda lakukan, baik secara manual maupun secara online. Berikut beberapa cara mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

cara mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan

1.  Cara Mengecek Saldo BPJS Secara Manual

Cara ini yang sering dilakukan oleh masyarakat saat mengecek saldo BPJS, yaitu dengan cara mendatangi langsung kantor-kantor BPJS Ketenagakerjaan atau Jamsostek. Setelah datang ke kantor BJPS anda diminta menunjukkan KTP dan Kartu BPJS atau Nomor keanggotaan BPJS(kalau anggota dulu, masih pakai kartu JAMSOSTEK). Selanjutnya, akan ada petugas yang membantu melakukan print atau cetak slip saldo BPJS Ketenagakerjaan milik anda. Saldo dapat anda lihat pada lembar slip tersebut.

2. Cara Mengecek Saldo BPJS Melalui ATM

Cara ini khusus bagi nasabah bank BNI dengan cara mendatangi ATM BNI untuk melakukan pengecekan saldo BPJS Ketenagakerjaan. Perlu diketahui, penggunaan metode ini hanya bisa digunakan untuk mengecek saja tidak bisa untuk mengambilnya. Untuk pengambilan tetap harus melakukan secara manual yaitu dengan mendatangi kantor BPJS karena memerlukan tanda tangan secara manual.

3. Cara Mengecek Saldo BPJS Secara Online

Untuk cek saldo BPJS secara online, peserta dapat mengaksesnya melalui situs resmi Jamsostek dan tentunya harus terhubung dengan internet ya. Sebelum mengeceknya, siapkan kartu BPJS Ketenagakerjaan atau Nomor KPJ terlebih dahulu. Kemudian setelah itu, mengunjungi website resmi di www.bpjsketenagakerjaan.go.id. Selanjutnya masukkan user ID dan password pada kolom login bagi yang sudah pernah mendaftar.

Jika anda belum memiliki akun untuk login atau belum pernah mendaftar harus mendaftar lebih dahulu. Untuk melakukan pendaftaran caranya dengan klik tulisan registrasi pada menu tenaga kerja kemudian mengisi form yang sudah tersedia pada pilihan keanggotaan sebagai tenaga kerja. Bila data sudah terisi lengkap dan benar, klik daftar atau submit data.

Setelah semuanya selesai, tunggu konfirmasi melalui email atau SMS dari nomor aktifasi akun dan verifikasi atau akivasi akun. Pastikan setelah mendaftar anda sudah melakukan aktivasi pada email yang dikirimkan agar status akun menjadi terverifikasi. Selanjutnya, setelah masuk menu member atau anggota BPJS Ketenagakerjaan, pilihlah menu liat saldo JHT. Kemudian pilihlah KPJ BPJS Ketenagakerjaan lalu klik submit, jumlah saldo anda akan muncul di layar sesuai dengan yang anda peroleh saat ini.

4.  Cara Mengecek Saldo BPJS Melalui Aplikasi

Untuk pengguna smartphone, anda bisa mengunduh aplikasi BPJS Ketenagakerjaan di Playstore atau Apps Store. Selanjutnya setelah diinstal di perangkat smartphone, buka aplikasi tersebut kemudian setting aplikasi sesuai akun BPJS Anda. Pada dasarnya kurang lebih sama dengan cara mengecek saldo melalui web seperti nomor 3, namun pada cara ini lebih praktis karena proses pendaftarannya pun lebih mudah karena android kita sudah tersinkron dengan email kita.

Jika anda ingin mencairkan dana BPJS, anda bisa membaca pada : Cara Mencairkan Dana BPJS Ketenagakerjaan

Demikianlah cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan cara yang mudah dan dapat diikuti semua masyarakat sehingga dapat mengetahui saldo yang telah terkumpul oleh BPJS. Mengetahui jumlah saldo BPJS dapat membantu kita dalam menetukan hari tua di masa depan. Salam.

0 comments:

Random Post

Powered by Blogger.