Cara Memasukkan atau Menjual Produk di Alfamart (Jadi Supplier)

Anda mungkin bingung ketika saat ini anda memiliki produk dan mulai berkembang kemudian ingin mencoba memasukkan produk anda ke penguasa minimarket yaitu indomaret dan alfamart. Bagaimana cara menjadi supplier Alfamart dan memasukkan produk ke Alfamart? Ada beberapa syarat, prosedur, dan juga kesediaan untuk mengikuti aturan yang diwajibkan bagi para supplier Alfamart.

Alfamart yang kini memiliki toko hampir di semua perkotaan dan pedesaan di tanah air, menjadi jalur promosi dan distribusi yang sangat efektif untuk mengembangkan produk UMKM anda. Jika produk anda merupakan produk pemenuhan kebutuhan sehari-hari, Alfamart sangat berpeluang menjadikan brand atau nama produk anda berkembang jika memiliki keunikan dan kelebihan yang bisa bersaing dengan produk sejenis. Salah satu yang perlu diingat, dengan bergabung menjadi supplier Alfamart anda dituntut untuk selalu memiliki produk yang unik, menarik dan inovatif agar terus bisa bertahan dengan produk-produk baru lainnya.

Cara memasukkan produk ke Alfamart sebenarnya tidak jauh beda dengan memasukkan produk ke indomaret. Jika postingan tempo lalu sudah kita bahas mengenai Cara Menjual produk di indomaret, baca di :

Cara Mendaftar Suppiler Indomaret

Kali ini kita akan bahas minimarket satunya yang mungkin bisa dibilang saingan yang imbang yaitu alfamart. Secara umum hampir semua syarat sama tetapi ada beberapa perbedaan mengenai syarat lebih detailnya, untuk lebih jelasnya berikut cara mendaftar supplier Alfamart:

Cara Memasukkan Produk ke Alfamart/Alfamidi

cara memasukkan barang ke alfamart

Pada dasarnya pada website resmi Alfamart atau Alfamidi hanya menjelaskan kriteria produk yang ingin dijual, tetapi kami coba membantu agar lebih lengkap mulai dari kelengkapan produk yang dibutuhkan.

Syarat Produk Masuk Alfamart

Ada beberapa syarat produk yang harus dipenuhi agar bisa diterima di Alfamart, diantaranya:
  1. Memiliki kualitas baik dengan harga yang kompetitif
  2. Memiliki informasi produsen dan distributor
  3.  Terdaftar pada dinas kesehatan (PBOM atau Ijin Dinkes) untuk makanan dan obat-obatan. Pengajuan bisa baca Cara Mengajukan ijin BPOM
  4. Mencantumkan tanggal kadaluarsa (untuk produk yang memiliki daya tahan tertentu)
  5. Memiliki barcode produk atau SKU yang terdata
  6. Memiliki sertifikat halal MUI (makanan)

Nah jika syarat ini sudah ada di produk anda, anda bisa melakukan pengajuan untuk menjadi supplier agar produk anda didistribusikan ke semua outlet alfamart, syaratnya:
  1. Mengisi form pengajuan aplikasi produk atau pemasok
  2. Memiliki komitmen pada pemenuhan jumlah order, jadwal pengiriman dan sistem pembayaran
  3. Bersedia melakukan evaluasi penjualan produk
  4. Membuat dan mengajukan usul kerjasama promosi dengan pihak Alfamart pada periode tertentu
Untuk form pengisian secara Online bisa mengisi di : https://alfamind.id/hubungi_supplier

Pengisian formulir berisi:
  • Nama lengkap
  • Nomor Telephone / Handphone
  • Email
  • Alamat Usaha
  • Nama Brand / Produk
  • Kategori Produk
  • Keunggulan Produk
  • Alamat Website Produk (Jika Ada)
  • Foto atau katalog produk

Demikian sekilas mengenai cara menjual atau memasukkan barang di Alfamart, semoga tulisan diatas bisa memberikan pencerahan bagi anda yang memiliki usaha dan ingin memasarkan produk di indomaret. Bila produk anda belum memiliki ijin legal anda bisa membaca beberapa artikel kita seperti misalnya Pengajuan P-IRT atau Halal MUI anda bisa membaca Cara Mengajukan Ijin PIRT dan Halal MUI. . Bila anda tertarik ingin menjadikan usaha anda menjadi sebuah CV, anda bisa membaca Syarat mendirikan CV. Jangan lupa untuk tetap mengikuti aturan yang berlaku sesuai dengen ketentuan negara agar proses lebih mudah.


Cara Memasukkan atau Menjual Produk di Alfamart (Jadi Supplier) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Usnul Queenbee

0 komentar:

Random Post

Diberdayakan oleh Blogger.