Cara Membuat Akta Notaris Pendirian PAUD dan Biayanya

Jika sebelumnya sudah pernah kita bahas mengenai Cara Mendirikan PAUD, dan pada poin persyaratan harus melampirkan Akta notaris Pendirian Yayasan atau PAUD, , kali ini kita akan coba membahas mengenai Cara Membuat Akta Notaris PAUD dan juga contoh salinan akta notaris jika sudah jadi atau sudah selesai. Dalam tahapannya Mendirikan PAUD memang harus mengajuakn izin pendirian dengan cara mendaftar pada Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten maupun kota. Dalam peraturan perundang-undangan ditegaskan bahwa pendirian PAUD harus mendapatkan izin dari lembaga yang berwenang. Namun sebelum itu, persiapkan dahulu dokumennya, salah satunya adalah Akta Notaris Pendirian.

Membuat Akte Notaris PAUD tentunya harus melewati pejabat notaris yang berwenang. Akta notaris PAUD merupakan surat bukti yang menerangkan legalitas lembaga PAUD sebagai badan atau Yayasan. Dengan membuat legalitas lembaga PAUD,maka akan banyak memiliki keuntungan mulai dari praktek pendidikan yang jelas dan terarah, juga dalam menjalin kerjasama dengan berbagai pihak. Lalu bagaimana cara membuat akta notaris PADU? berikut langkah mengajukan ijin PADU mulai dari pembuatan akta notaris.

Syarat Membuat Akta Notaris Lembaga PAUD

Syarat Membuat Akta Notaris Lembaga PAUD


Bagi siapapun yang ingin mendirikan Lembaga Kursus, PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) atau TBM (Taman Belajar Masyarakat), PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini), dll maka harus membuat akta notaris engan menghubungi notaris terdekat dan membawa beebrapa dokumen sebagai persyaratan penerbitan Akta Notaris. Beberapa dokumen yang harus disiapkan atantara lain :
  1. Data Dewan Pembina (min.1 orang) termasuk NPWP
  2. Data Dewan Pengawas (min.1 orang) termasuk NPWP
  3. Data para pengurus harian yang terdiri dari ketua, bendahara dan sekretaris
  4. Photo Copy KTP semua anggota Yayasan/LSM
  5. Surat Domisili Lembaga yang dikeluarkan oleh Kepala Desa Setempat
  6. Nama Yayasan, dan nama alternatifnya. Bila nama pertama yang diajukan sudah dipakai oleh Yayasan lain, maka diajukan nama alternatif berikutnya.
Semua dokumen tersebut dibawa ke Notaris, selanjutnya Notaris akan membuat copy Akta untuk persyaratan Pembuatan NPWP Yayasan dan juga Mengurus Surat Izin Operasional Dari Dinas Pendidikan Kabupaten Setempat. Langkah selanjutnya adalah menunggu notaris mengajukan seluruh dokumen pendirian yayasan ke Departemen Hukum Dan HAM. Butuh waktu yang lumayan lama, sekitar 2 minggu jika lancar karena perlu pengecekan nama yayasan. Jika disetujui, akan ditandatangai dihadapan notaris.

Contoh Akta Notaris yang sudah selesai :



Biaya Akta Notaris Lembaga PAUD

Berapa biaya penerbitan Akta Notaris? Biaya Notaris biasanya bergantung pada lokasi. Untuk kota-kota besar seperti jakarta akanberkisar di atas 5 jutaan hingga 10 jutaan untuk total keseluruhan yang dikeluarkan hingga Akta Notaris terbit. Untuk Proses Pembayaran, dirincikan untuk biaya Kemenkumham sekitar 3 juta dan juga biaya jasa Notaris yang nominalnya Relatif. Jika di wilayah daerah, hanya berkisar antara 4 sampai 5 jutaan untuk semua proses penerbitan akta notaris hingga selesai.

Nah setelah akta notaris selesai, anda bisa mengajukan izin pendirian PAUD dengan menyiapkan :
  •     Foto Copy akte PKBM/Yayasan oleh notaris.
  •      Identitas PKBM dan Lembaga Pendidikan.
  •      Daftar tenaga Pendidik dan Kualifikasinya dilampiri Copy Ijazah dan atau Sertifikasi masing-masing tenaga Pendidikan.
  •      Rencana Jadwal kegiatan Pembelajaran.
  •      Gambaran keadaan atau desain letak interior gedung dan desain Gedung.
  •      Surat Ketarangan tentang status tanah dan Bangunan.
  •      Keterangan fasilitas dan kondisi fasilitas pendidikan yang akan diselenggarakan.
  •      Keterangan Kondisi sarana dan Perlengkapan Pendidikan.
  •      Surat Rekomendasi dari Pemerintah Desa/Kelurahan setempat.
  •      Surat Rekomendasi dari Kepala Cabang Dinas Pendidikan Kematan setempat.
  •      Foto Copy Kartu Tanda Penduduk (KTP) Pengelola atau penyelenggara.
Untuk lebih jelasnya anda bisa membaca di Cara mendirikan PAUD.

Demikian mengenai proses dan Biaya Akta Notaris Lembaga Pendidikan PAUD dan juga bisa dijadikan referensi jika anda ingin mendirikan sebuah Yayasan atau mendirikan lembaga pendidikan atau tempat kursus dan sejenisnya. Semoga cara di atas daat memberikan referensi yang tepat untuk anda. Salam.


Cara Membuat Akta Notaris Pendirian PAUD dan Biayanya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Usnul Queenbee

0 komentar:

Random Post

Diberdayakan oleh Blogger.